Liburan awal tahun

Liburan Awal tahun

Liburan akhir tahun kali ini saya memilih untuk berlibur ke Solo, sebenarnya sekolah sudah libur sejak tanggal 25 Desember tetapi saya berangkat ke Solo pada tanggal 4 Januari karena baru sempat, saya pergi ke Solo bersama ibu saya dan kakak saya.

Kamis, 4 Januari 2018
Saya berangkat dari Jakarta ke Solo jam 9:55 jadi saya berangkat dari rumah ke bandara jam 7:30 saya memilih untuk terbang dengan citilink dan berangkat dari bandara Halim Perdanakusuma karena lebih dekat dari rumah saya, setelah sampai di bandara kami langsung check in lalu menunggu di ruang tunggu sekitar 40 menit sebelum akhirnya boarding. Setelah masuk ke pesawat kami menunggu beberapa menit setelah itu pesawat kami berangkat ke Solo. Perjalanan ke Solo memakan waktu sekitar 50 menit jadi saya sampai ke solo sekitar jam 11:00, setelah sampai di Bandar udara Adisoemarmo, Solo kami bertiga langsung turun dari pesawat dan kami tidak perlu mengambil koper di bagasi karena koper kami kecil dan dapat masuk ke kabin, setelah itu kami langsung memesan taksi untuk ke hotel.

Kami menginap di The Royal Surakarta Heritage yang ternyata jaraknya lumayan jauh dari bandara tapi dekat dari pusat kota, setelah sampai di hotel kami check In dan ibu saya menanyakan beberapa hal kepada pelayan tamu di hotel tersebut, setelah itu kami memasuki kamar kami dan ke kamar mandi, setelah itu kami menaiki becak untuk pergi ke keraton kasunanan yang jaraknya tidak jauh dari hotel kami setelah sampai kami langsung membeli tiket untuk masuk ke keraton, tidak beberapa lama setelah itu hujan turun kami pikir hujannya akan berlangsung sebentar tetapi hujannya malah semakin besar jadi kami tidak bisa masuk ke keraton akhirnya kami hanya mengunjungi museumnya dan ditemani oleh guide yang menjelaskan banyak hal tentang kerajaan keraton dan tradisi-tradisi di keraton , walaupun kami tidak dapat masuk ke keraton namun kami masih bias melihatnya dari jauh, setelah memasuki semua ruangan dan mendapat penjelasan guide kami menuju rumah makan bu Bejo menaiki becak yang tadi kami naiki dan ternyata hujannya masih deras.

Setelah sampai di rumah makan bu Bejo kami memesan 2 porsi sate buntel dan 1 porsi sate daging kambing, 1 porsi tengkleng, 3 porsi nasi dan es teh, namun karena kami tidak tahu ternyata sate buntel sangat besar walaupun satu porsi hanya 2 tusuk tetapui sangat besar jadi kami memesan 2 porsi nasi lagi,namun  tetap tidak dapat menghabiskan sate buntel itu akhirnya kami membungkus sate buntel dan sate daging tadi untuk diberikan ke tukang becak, setelah makan kami melihat2 beberapa toko batik, lalu pulang ke hotel, malamnya saya memesan gojek untuk membeli makanan dan dimakan di kamar karena sudah lelah untuk berjalan.
Description: Hasil gambar untuk keraton kasunanan surakarta
Jumat, 5 Januari 2018
Hari kedua kami di Solo setelah kami semua bangun kami mandi dan sarapan di hotel lalu naik sebentar untuk mengambil barang-barang dan ke kamar mandi, setelah itu kami turun dan mobil sewaan kami sudah datang, setelah itu kami langsung menaiki mobil dan pergi ke candi Cetho yang letaknya agak diluar kota Solo, setelah menempuh perjalanan yang lama dan banyak tanjakan curam kami sampai di candi Cetho, di sana kami harus memakai kain, setelah itu kami menaiki candi Cetho ternyata untuk sampai di atas masih harus berjalan agak jauh namun ternyata hujan jadi kami berteduh, setelah hujan reda kami berjalan ke atas  setelah mengambil beberapa foto kami ingin turun namun hujan lagi jadi kami berteduh setelah hujan reda kami berjalan kebawah namun baru setengah perjalanan hujannya makin deras lagi akhirnya setelah mengiup selama +- 30 menit kami mencoba untuk turun dan menuju mobil ,setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke candi Sukuh, untungnya di candi sukuh tidak hujan lagi, bagunan candi sukuh lebih kecil dari candi cetho yang memiliki banyak tangga dan tempat untuk berdoa kalau di candi sukuh hanya ada beberapa artefak dan kita bisa memasuki candinya yang terdapat tangga untuk menuju ke atas didalamnya namun tangga tersebut curam. setelah dari candi Sukuh kami kembali ke hotel, malamnya saya ke oemah Londo untuk makan malam, oemah londo adalah restoran yang dimana si pelanggan dapat mengambil sendiri makanannya dan makanan makanan disana terbungkus oleh daun pisang disana juga menjual banyak wedang atau minuman hangat akhirnya karena kurang kenyang kami membungkus 2 lagi nasi beserta sate untuk dimakan di hotel, setelah saya selesai makan saya ke rumah makan yg spesialisasinya wedang ronde namun banyak juga makanan dan minuman lain saya dan ibu saya memesan tahok yaitu semacam tahu namun lebih lembut dan kuahnya adalah seperti kuah wedang ronde, setelah itu saya .kembali ke hotel dan di hotel saya memakan sate kere atau sate yang terbuat dari ampas tempe namun rasanya enak setelah itu kami memakan yang tadi makanan dari oemah londo sambil menonton  tv.

Sabtu, 6 Januari 2018
Hari ini adalah hari terakhir kami di solo, paginya kami sarapan di hotel lalu menaiki becak ke pasar triwindu tetapi karena belum buka jadi kami mengunjungi kampung batik kauman terlebih dahulu kampung batik kauman adalah kampung yang sebagian besar penduduknya adalah pembuat batik jadi di sana terdapat banyak sekali toko-toko batik setelah melihat-lihat beberapa toko batik kami melanjutkan perjalanan ke toko-toko batik yang lebih besar setelah itu kami keluar dari kampung batik kauman untuk menuju ke toko batik milik keponakan presiden RI namun di perjalanan menuju toko batik itu kami menemukan toko serabi notosuman  kami membeli serabi terlebih dahulu setelah membeli serabi kami kembali melanjutkan perjalanan menggunakan becak ke toko batik setelah selesai kami kembali ke pasar triwindu , pasar triwindu adalah pasar yang menjual barang-barang antik disana kakak saya membeli patung naga yang berukuran kecil pastinya dan saya membeli oleh-oleh untuk teman saya lalu setelah itu kami kembali ke hotel untuk check out, setelah check out kami menaiki mobil sewaan kemarin untuk pergi ke toko orion untuk membeli makanan untuk oleh-oleh stelah itu kami pergi ke javenir yaitu toko souvenir khas solo setelah itu kami lanjut ke bandara untuk pulang ke Jakarta, pesawat kami berangkat sekitar jam 15:50 dan kami sampai di Jakarta jam 16:50 setelah itu kami langsung pulang ke rumah.